Senin, 20 Juli 2009

Sianjur Mula Sianjur Mula Jadi

Sianjur Mula Sianjur Mula Jadi adalah sebuah kampong sejarah adanya Orang Batak, Mula itu berarti adalah awal, dan jadi berarti terjadi, ini berarti Sianjur Mula Sianjur Mula Jadi berarti Sianjur Mula Sianjur Mula Jadi adalah awal munya segalasesuatu tentang Orang Batak berasal dari sini, asal muasal Oarang Batak berasal dari tempat ini, Orang Batak, Adat Batak, Marga Batak, Budaya Batak, initinya segala hal yang menyangkut Orang Batak berasal dari sini. Jadi Sianjur Mula Sianjur Mulajadi adalah perkampungan pertama Siraja Batak.

Pada Dolok Pusuk Buhit di tepi Danau Toba ada terdapat sebuah Kapung yang bernama Sianjur Mula. Konon dari kampong ini asal mula orang Batak mulai menyebar hingga ke semua daerah-daerah yang ada di sekeliling Danau Toba, dan darisinilah asal perkembangan suku-suku dan marga pada orang Batak .

Dikaki Dolok Pusuk Buhit terdapat Negeri Sagala di tempati Marga Sagala, Marga Siboro, Negeri Limbong dihuni oleh Marga Limbong, Habeahan. Negeri Boho dan Negeri Harian marga Sihole, Malau, Situmorang, Siaga, Kampung Tanjung Bunga dan Desa Siogungogong dihuni marga Sitanggang, Naibaho, Nadeak, dan turunan Raja Naimbaton ataru disebut dengan marga Parna seperti Sitanggang, Naibaho, Simbolon.

Dileleng Dolok Pusuk Buhit terdapat juga bekas perkampungan Batak Kuno, yaitu disebelah di lereng Barat Pusik Buhit terdapat Huta Parik Sabungan, di lereng sebelah timur dari Pusuk Buhit terdapat terdapat Huta Sijambur. Di kampong ini terdapat peninggalan sejarah peninggalan antara lain:
Batu Hobon
Batu Pargasipan
Lokasi Sianjur Mu;a Sianjur Mulajadi
Aek Sipaulak Hosa
Mual Siboro Pareme
Aek Sipitu Dai
Batu Naggarjati yaitu Batu Panompaan Tuan Sariburaja
Hariara Lontung yaitu pohon ara yang di tamanm Siraja Lontung maka sering di namai Hariara Siraja Lontung, pohon hariara ini sebagai symbol perdamaian antara perselisihan antara Siraja Lontung dengan Borbor Marsada pada akhirnya disebt sebagai legenda Siboro Sopak Panaluan atau legenda Nai Manggale.
Disamping itu terdapat peninggalan yang lain yang terdapat di Huta Parik Sabungan seperti:
Losung Pusuk Bihit yaitu lesung yang terbuat dari batu
Batu Partonggoan yaitu batu yang digunakan sebagai tempat pemujaan
Liang Raja Uti yaitu tempat tinggal raja uti atau siraja Biak-biak. Menurut kepercayaan ugamo parmalim Raja Uti atau Siraja Hatorusan adalah penghubung antara manusia dan Debata Mulajadi Nabolon yaitu pencipta segala seuatu menurut Kepercayaan Parmalim.
Tala Pusuk Buhit yaitu kolam mata air tempat Siraja Batak dan anak-anaknya mandi dan menyatukan diri dengan Debata Mula Jadi Nabolon
Aek Malum yaitu Mata Air yang terdapat pada perkampungan Parik Sabungan.


Demikian sekilas tentang Asal Mula Orang Batak, semoga dapat menjawab pertanyaan saudara. Semoga Bermanfaat.

Selamat Membaca, Semoga Semakin Sukses

7 komentar:

alvatarz 2 Agustus 2009 10.19  

Kalau Kita Pengikut Yesus, Sudah Tugas Kita Memperbaiki hal-hal yang salah supaya benar.

Kalau cuma kuburan Ayah saya,jelas urusan saya saja. karena dampaknya hanya saya sekeluarga. TAPI

Batu HOBON Situs KUBURAN Tea-Tea BULAN. karena itu jadi tugas semua orang yang berhati bersih dan memiliki KASIH.
PERNAHKAH SAUDARA BERFIKIR DAMPAKNYA PADA KETURUNAN ANDA?

Dosa Sinkritisme??? Itulah yang dilakukan poparan tea-tea bulan.

karena itu saya suruh datang ke batu Hobon, agar Tahu bahwa lebih dari 2/3 Poparan Tea-Tea Bulan melakukan dosa itu.
Itulah kebenaran Batu Hobon.

Kalau kamu Pengikut yESUS, mengapa Kamu tidak berani menentang berhala di Batu Hobon???????
Mengapa malah menutup mata dengan Kejadian 23 Tahun lalu.

Yaitu Renovasi dan pencurian benda berharga di batu hobon. Lalu Menjadikan Batu Hobon Tempat pemujaan Setan.

Karna Kasih Yesus Saya Menginjak2 Batu Hobon, yang merupakan makam leluhur kamu yang telah dijadikan tempat pemujaan setan.

Bukankah Poparan Tea-Tea Bulan yaitu Marga2 Naimarata Yang mengakui Bahwa Leluhur mereka Raja Huti adalah BABI..,,,,,,,,,,,,,

Bukankah dengan Mengakui dan menyatakan Leluhur kamu BABI,
1. Kamu telah menghina dan mengumpat leluhur kamu.
2. Kamu telah menghina Tuhan Sang Pencipta Yang Tritunggal, karena Tuhan Menciptakan manusia seperti Gambar dan Rupa Alah.
3. dengan begitu kamu mengatakan wujud allah itu adalah BABI.

BUKAN TIDAK MUNGKIN kamu semua, KETURUNAN kamu YANG KARENA KEBANGGAANNYA PADA KEMASYURAN NAMA LELUHURNYA JUGA MELAKUKAN BERHALA TERSEBUT?????

Banyak Orang batak yang Bilang hanya percaya Tuhan Yesus, Tapi kenyataannya mereka percaya cerita Raja Huti Wujutnya BABI,

Bukankah secara tidak langsung mereka mempercayai setan yang mengaku2 leluhur manusia?????.

ORANG BATAK 3 Agustus 2009 03.57  

Terima kasih atas komentar saudara. Tulisan ini hanya sebuah referensi untuk pembaca khususnya tentang hal-hal yang berhubungan dengan Orang Batak, tetapi menurut saya antara Budaya Batak dan Kekristenan ini adalah dua hal yang berbeda yang penting jangan iman yang kita miliki menjadi rusak hanya karena adat istiadat. Adat dapat dilaksanakan tanpa harus melakukan penyembahan berhala atau memuja setan didalam hidup kita. Terima Kasih

alvatarz 6 Agustus 2009 09.34  

Sdr. Orang batak,
Budaya Batak dan Kekristenan tidak berbeda.
Karena kita menganggap budaya batak dan kekristenan berbeda, makanya terjadi berhala2.
perlu anda ketahui :
1. Budaya batak sekarang sebagian besar sudah dibelokkan, tidak seperti aslinya, itulah pekerjaan setan yang mengaku2 roh leluhur.
2. Leluhur orang Batak adalah pengikut setia Allah Sang pencipta, dan tidak pernah turun kebumi.
3. Budaya batak yang membawa nama leluhur suatu kekejian bagi leluhur itu sendiri dan bagi Tuhan Allah.

Jadi seharusnya budaya itu dikembalikan ke budaya aslinya yang sesuai dengan kekristenan.

ORANG BATAK 8 September 2009 23.28  

Ini hanya sebuah tanggapan atas pernyataan yang Saudara kirimkan:
Ini tanggapan untuk Bagian I dari Komenter Saudara, Tanggapan berikutnya akan kiata kiriman yang akan datang.

Memang kita akui bahwa Budaya Batak sudah banyak dibelokkan dari aslinya, dan itu tentu punya alasan tersendiri, sebab menurut hemat saya banyak bagian-bagian dari budaya batak yang berbau mistis. Jika saya pribadi ditanya, ini akibat dari perkembangan dan tututan jaman khususnya perkembangan Agama Kristen di Tanah Batak dengan Ajaran Setiap Orang Jika Ingin Diselamatkan Oleh Yesus Kristus tidak boleh menyembah Berhala atau menjadikan sesuatu menjadi Berhala di dalam dirinya. Sebab Titah Pertama (Kejadian)Jagan Ada Allah lain yang engkau sembah. Terima kasih, ini tanggapan untuk bagian pertama, Salam Hormat.

agustinus situmorang 22 Oktober 2013 18.03  

Saya memank tdk tw bnyak tentang batak n jga Kristen, walaupun saya orng batak dan jga seorang Kristiani, namun yg sya tahu, Tuhanlah yg
berkuasa atas smua ciptaannya. Perkara pembelotan Budaya Batak, qta ga berhak memfonis apa2, krna hanya Para Leluhur qta yg tahu, qta skrng hanya menjalankan apa yg sudah qta tahu dan qta laksanakan dan qta yakini dari para leluhur. Jadi, buat apa qta terllu banyak perdebatan, yg penting sejauh tdk bertentangan dgn iman, marilah qta lestarikan budaya qta.

romni 25 Februari 2014 17.15  

Sesu gguhnya hanya bahasa saja yg membuat arongtdk mengert...
DEBATA JAHOWA / OPPU MULA JADI NABOLON ( ALLAH SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA )
Ber arti org Batak Sdh Ber imn pd Sang pencipta Dari dahulukala...
HIDUP BATAK BANGSO NATARPASU-PASU...."

Haris Munthe 26 Maret 2014 23.36  

Bangso Batak sudah menyembah Mula Jadi Nabolon (Sang Pancipta Yang Maha Besar) sebelum ajaran2 agama dari luar masuk ke Tanah Batak, jadi bukan budaya Bataknya yang dibelokkan tapi ajaran agama Batak(PARMALIM) itu sendiri yang dibelokkan oleh orang2 yang membawa ajaran agama dari luar ketanah Batak untuk mendiskreditkan ajaran agama Batak(PARMALIM).

Poskan Komentar

Gabung Dong....

My Pagerank

Powered by  MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO